Pohon Pekak pohon bunga lawang


Apa itu pohon pekak atau pohon bungan lawang ?


Pekak atau bunga lawang termasuk rempah-rempah yang cukup mahal, tidak semua penjual rempah memiliki bumbu ini. Selain dipakai untuk memasak, pekak ini juga memiliki banyak manfaat, diantaranya

Berikut ini beberapa keterangan mengenai pohon pekak.

Gambar bunga lawang sedang mekar.



Gambar buah pekak. 

Pekak (Star Anise) berkembang biak melalui biji benih.

Buah ini dipetik sebelum ranum, kemudian dikeringkan dengan pertolongan matahari.


Gambar bunga pekak, lengkap dengan bagian-bagiannya dan gambar pekak atau bunga lawang yang sering kita jumpai dan dipakai sebagai rempah atau bumbu dapur.

Gambar pohon pekak atau bunga lawang, tingginya mencapai 8 meter.

Gambar bunga lawang Jepang (Illicium anisatum)
Pohonnya mirip, tapi buahnya tidak sanggup dimakan sama sekali alasannya yakni sangat beracun. 
Namun, kulit kayu dari pohon bunga lawang Jepang ini sanggup ditumbuk 
dan sanggup dipakai sebagai materi pembuat dupa.


Bunga Lawang atau dikenal dengan nama Pekak adalah rempah-rempah asli Cina selatan dan Vietnam. Biasanya, bumbu ini digunakan di banyak masakan, terutama di Asia. Tumbuhan dengan nama ilmiah Illicium verum memiliki bentuk bintang yang terdiri dari delapan segmen. Setiap segmen mengandung biji cokelat kecil, warna yang sama dengan bunga. Bahkan, ada banyak manfaat yang seharusnya hilang.

Manfaat  Pohon Pekak untuk Kesehatan


1. Antijamur dan antibakteri


Manfaat pertama adas bintang adalah berfungsi sebagai antijamur dan antibakteri. Menurut Korea Journal of Medical Mycology, ekstrak tanaman ini memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Bunga Lawang dapat mengendalikan jenis jamur tertentu, seperti Candida albicans.

Jamur ini adalah penyebab infeksi yang paling umum. Biasanya, Candida albicans dapat tumbuh tak terkendali dan menyebabkan kandidiasis. Selain itu, para ilmuwan di Taiwan juga menemukan bahwa ada empat senyawa antimikroba dalam adas bintang yang efektif dalam mengobati 70 jenis bakteri yang resisten terhadap obat.

2. Ia bekerja sebagai antioksidan.


Bunga lawang mengandung minyak esensial linaool dan vitamin C, yang merupakan sumber antioksidan. Antioksidan adalah senyawa alami yang melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan racun lingkungan seperti asap rokok dan polusi udara.

Radikal bebas dalam tubuh mempercepat proses penuaan tubuh. Akibatnya, Anda berisiko beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker, hingga penuaan dini pada kulit. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Chemico-Biological Interactions, menemukan fakta bahwa adas bintang bahkan dapat mengurangi perkembangan sel kanker.

3. Meningkatkan kesehatan ibu hamil.


Elain dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, adas bintang dapat membantu mengatasi beberapa penyakit selama kehamilan. Sehingga tanaman herbal ini aman dan baik untuk dikonsumsi saat hamil.

Bahkan, ibu menyusui juga dapat mencoba bunga pala untuk meningkatkan produksi ASI. Senyawa antehole dalam adas bintang juga menunjukkan sifat yang mirip dengan hormon estrogen yang dapat mengatur fungsi hormon pada wanita.

4. Menjaga sistem pencernaan yang sehat


Adas bintang yang termasuk rempah-rempah kaya serat. Bukan hal baru bahwa serat dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan, seperti mengatasi perut kembung, kram, dan sembelit. Serat dapat melembutkan dan melunakkan tinja untuk mencegah sembelit.

Sembelit yang dibiarkan terlalu lama bisa menjadi wasir yang dapat menyebabkan feses berdarah dan nyeri. Satu sendok makan adas bintang mengandung satu gram serat, setara dengan 3-4 persen dari kebutuhan harian Anda, tergantung pada usia dan jenis kelamin.

5.Mengatasi flu dan batuk.


Manfaat kayu pekak yang mungkin tidak Anda duga adalah mengatasi flu dan batuk. Ini karena adas bintang mengandung asam shikimic tinggi. Menurut Journal of Medical Virology, kombinasi asam shikimic dan antioksidan quercetin dapat merangsang sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu, tubuh dapat terlindungi secara optimal dari serangan penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus. Selain itu, mengonsumsi secangkir ekstrak adas bintang tiga kali sehari membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

6.Mengatasi gangguan tidur.


Dikutip dari Mercola, star adas manis juga banyak digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan tidur. Alasannya, pengobatan tradisional menemukan fakta bahwa adas bintang memiliki sifat sedatif ringan yang membantu menenangkan saraf. Cobalah mengonsumsi teh ekstrak bunga Lawang setiap hari. Jika Anda dapat mengatasi gangguan tidur Anda, kualitas kesehatan fisik dan mental akan meningkat.


Semoga bermanfaat!