9 makanan penyebab kanker hati

food sehat


Belakangan ini ada sebuah isu yang mengejutkan dari dunia kedokteran, pasalnya ada seorang anak berusia 5 tahun yang didiagnosa terkena penyakit kanker hati stadium akhir! Kok mampu ya? Sang dokter mengungkapkan bahwa belakangan ini berbagai anak kecil yang sudah terserang penyakit mematikan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah kebiasaan mengonsumsi masakan yang tidak sehat. Oleh lantaran itu, hari ini Cerpen ingin membagikan 9 jenis masakan yang harus kau kurangi konsumsinya biar terhindar dari penyakit kanker hati ini, yuk disimak!

1. Mie instant

Seperti yang kita tahu, mie instant terbuat dari beberapa zat pengawet yang tidak terlalu sehat bagi kesehatan kita. Mie instant mengandung beberapa zat yaitu di antaranya asam sodium, pewarna caramel, asam sitrat dan zat kimia lainnya yang jika kita konsumsi secara rutin akan mengganggu kesehatan kita. Jika bawah umur mengonsumsi mie instant secara berkala, maka akan mengakibatkan sang anak mengalami kekurangan kalsium dalam darah.

2. Ham dan sosis

Ham dan sosis mengandung materi pengawet mirip natrium nitrit, kalium sorbat yang mampu mengakibatkan terbentuknya tumor dalam hati dalam bentuk nitrosamine.

3. Cookies

Cookies juga mengandung materi pengawet mirip natrium metabisulfit, asam sitrat, dan sorbitol. Natrium metabisulfit dalam kadar yang berlebihan mampu mengakibatkan luka pada hati dan menimbulkan racun dalam hati.

4. Es krim

Zat yang paling umum dipakai ialah pelengkap buatan, pengental serta pigmen sintetis. Ada beberapa negara di dunia yang melarang penggunaan pigmen sintetis dalam pembuatan es krim.

5. Keripik kentang

Keripik kentang sendiri mengandung materi pengawet mirip sodium glutamat, dinatrium guanilat yang dihentikan untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

6. Manisan

Manisan mengandung asam sitrat, kalium sorbat, natrium benzoate dalam proses pembuatannya. Natrium benzoate ini sendiri mampu menghancurkan vitamin B1 yang akan menghambat perembesan kalsium pada anak-anak.

7. Permen karet

Permen karet mengandung aspartam, sorbitol, asam sitrat. Konsumsi sorbitol yang berlebihan akan mengakibatkan diare.

8. Jelly

Kalium sorbat, asam sitrat dan carrageenan ialah zat yang paling dipakai untuk menciptakan jelly. Konsumsi kalsium sorbat yang berlebihan akan menimbulkan alergi dan terganggunya perembesan kalsium dalam tubuh.

9. Teh susu

Bahan pengawet dalam teh susu mengandung kalium sorbat, natrium heksametafosfat dan lain-lain yang mampu mengakibatkan gangguan metabolisme kalsium.